Beberapa hari yang lalu kantor saya menerima media visit dari PT Multi Bintang. Selain sebagai ajang menjalin hubungan baik dengan media, mereka juga mengenalkan identitas perusahaan dan presentasi fakta-fakta menarik tentang bir. Salah satu presentasi yang menarik perhatian saya adalah bahan-bahan alami  yang digunakan dalam membuat bir.

Bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang mudah ditemukan. Meskipun minuman ini mengandung alkohol, masih jarang masyarakat yang mengetahui bahwa bir terbuat dari proses yang alami. Ada 3 bahan alami pembuat bir, yaitu Barley, bunga Hops, dan Yeast.

Biji Barley (Sumber Gambar: Screenshot Youtube Brad Smith)

Biji Barley (Sumber Gambar: Screenshot Youtube Brad Smith)

Barley yang merupakan tanaman dari keluarga gandum, memiliki peran paling penting dalam proses pembuatan bir, seperti memberikan warna khas keemasan pada bir, rasa, alkohol, bahkan busa pada bir itu sendiri.

Bunga Hops (Screenshot Youtube The Craft Beer)

Bunga Hops (Screenshot Youtube The Craft Beer)

Sedangkan bunga Hops digunakan saat Barley sudah menjadi Wort atau malt sugar dalam proses pembuatan bir. Rasa pahit dan aroma yang khas pada bir juga disebabkan oleh campuran bunga Hops, selain itu bunga ini juga menjadi pengawet alami bir.

Organisme Yeast (Sumber Gambar: Screenshot Youtube KQED Science)

Organisme Yeast (Sumber Gambar: Screenshot Youtube KQED Science)

Yeast yang merupakan bahan terakhir adalah organisme yang digunakan untuk mengaktifkan proses fermentasi. Bahan ini juga berperan penting dalam mengubah gula dari Barley untuk menjadi alkohol dan karbondioksida. Dengan menggunakan Yeast, fermentasi dalam pembuatan bir dapat berlangsung selama seminggu atau lebih, tergantung tipe bir yang akan dibuat.