Lastboy

Suka jalan-jalan dan kuliner

Aneka Kreasi Risoles dari 4 Negara, Anda Suka yang Mana?

Risoles merupakan jajanan favorit orang Indonesia, pastri yang berisi daging atau sayuran. Jajanan ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kuning keemasan. Paling enak dinikmati ketika masih hangat, saat kulitnya masih terasa krispi dan lembut di dalam. Sebagai pendamping, biasanya disajikan pula dengan mayones atau cabai rawit hijau.

Risoles versi Indonesia (Gambar: YouTube/Sajian Sedap)

Tak hanya dikenal sebagai jajanan populer di Indonesia, risoles juga menjadi jajanan primadona bagi masyarakat Eropa, Amerika Selatan, dan Australia. Masing-masing negara memiliki ciri khas tersendiri, terutama dari segi isi dan cara pengolahannya. Risoles versi Perancis adalah yang paling unik, karena satu-satunya yang dicampur dengan buah pada isinya.

1. Risoles Perancis

Risoles Perancis dengan buah pir (Gambar: YouTube/Les Carnets de Julie)

Di Perancis, tempat jajanan ini berasal, diolah dengan adonan yang dicampur buah pir, mincemeat, dan remah roti. Isian yang agak asing adalah mincemeat, karena jarang digunakan untuk campuran makanan di Indonesia. Mincemeat adalah campuran dari buah kering cincang, aromatik dan rempah-rempah, dan kadang-kadang daging sapi, daging sapi, atau daging rusa. Dari segi rasa jajanan ini tidak hanya gurih, tapi juga sedikit asam manis karena mengandung buah pir dan buah kering dari mincemeat.

2. Risoles Portugal

Rissóis (Gambar: Youtube/Momentos Doces e Salgados)

Di Portugal jajanan ini bernama rissóis dengan bentuk setengah bulan. Isinya berupa ikan cod atau udang dalam saus Béchamel dan kemudian digoreng.  Selain ikan, rissóis juga sering diisi dengan ham, keju, atau daging cincang. Rissóis biasanya dinikmati sebagai camilan atau makanan pembuka.

3. Risoles Polandia

Sznyclekotlety atau mielone (Gambar: YouTube/
INEZ MJ)

Kemudian di Polandia jajanan ini dikenal sebagai sznycle atau kotlety mielone, bentuknya bulat kasar dengan warna kecoklatan. Sznycle paling sering diisi dengan daging cincang dan disajikan dengan kentang rebus serta sayuran. Bila dilihat dari penyajiannya, makanan ini lebih cocok sebagai hidangan utama daripada sekadar camilan. Satu buah sznycle dengan kentang rebus dan sayuran saya rasa sudah cukup mengenyangkan.

4. Risoles Australia

Risoles Australia (Gambar: YouTube/Greg’s Kitchen)

Lalu di Australia jajanan ini lebih mirip patty burger. Untuk versi Australia risoles tidak membutuhkan kulit, sebab semua isinya yang terdiri dari daging sapi cincang, remah roti, dan daun bawang dicampur jadi satu kemudian dipanggang. Karena diolah tanpa kulit, warnanya menjadi agak kehitaman. Untuk penyajiannya bisa dinikmati dengan dicocol saus tomat dan dimakan bersama sayuran.

Previous

Makanan Populer “Fish and Chips” Dulu Hanya Dinikmati Masyarakat Kelas Bawah

Next

Armor Kopi, Kafe Hit di Bandung dengan Suasana ala Pedesaan

1 Comment

  1. dede

    Wah saya baru tahu jenis jenis risoles hehe. Kayaknya yang dari Portugal dan Polandia menarik untuk dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén