Masih ada kesempatan untuk mengunjungi Asian Fest GBK (Foto: Lastboy Tahara S)

Tak terasa ajang Asian Games 2018 akan segera usai. Pesta olah raga se-Asia ini dijadwalkan akan menjalani upacara penutupan pada Minggu (2/9/2018) di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Bagi Anda yang terlambat merasakan momen Asian Games secara langsung, jangan berkecil hati. Sebab masih ada area Asian Fest di kawasan GBK. Di sana terdapat festival dan bazaar bertemakan Asian Games.

Untuk masuk ke area ini, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 10 ribu. Tiket ini bisa dibeli secara resmi di gate 1, 5, 6, dan 7 melalui petugas yang membawa tanda berwarna biru bertuliskan “Ask Me for Festival Tiket”. Di dalam Asian Fest GBK, terdapat tiga Zona yang bisa dikunjungi, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.

Zona Bhin Bhin terletak di dekat gate 5. Di sini tersedia berbagai sajian kuliner khas Asia, seperti aneka nasi goreng, mie, kebab, nasi kebuli, rice bowl, hingga sushi. Namun yang lebih seru adalah adanya panggung hiburan yang menghadirkan musisi lokal dan luar negeri.

Salah satu yang selalu menyita perhatian pengunjung adalah penampilan para penyanyi asal Korea Selatan. Aliran musik K-Pop khas negeri gingseng yang sudah tak asing lagi di Indonesia saat ini, membuat para pengunjung tak kesulitan untuk ikut bernyanyi. Selain dihibur dengan musik, sesekali host juga memberikan kuis menarik yang berhadiah voucher makan gratis.

Kemudian Zona Atung yang terletak dekat Stadion Akuatik, terdapat layar raksasa yang menampilkan pertandingan olah raga langsung atau rekaman ulang. Zona ini juga dikenal akan keindahannya. Di sepanjang jalan digantung hiasan ornamen lampu beserta payung kecil warna-warni. Para muda-mudi sering mengunjungi zona ini untuk berfoto.

Lalu yang terakhir adalah Zona Kaka yang menjual aneka pernak-pernik. Warga asing paling banyak mengunjungi zona ini untuk membeli kerajinan produk lokal sebagai buah tangan. Dan yang paling menyenangkan, di sini terdapat toko-toko kecil yang menjual suvenir resmi Asian Games. Barang yang dijual beragam, mulai dari yang paling kecil seperti pensil, kipas, gantungan kunci, dan tas. Ada pula suvenir unik yang menjadi incaran pengunjung adalah replika medali emas yang dijual seharga Rp 320 ribu.

Bila ingin membeli suvenir yang lebih lengkap, pengunjung bisa menuju area Super Store yang terletak di seberang zona Bhin Bhin. Tak hanya menjual suvenir hiasan, di sini ada pula aneka jenis fesyen bertemakan Asian Games seperti kaus, jaket, tas, dan topi. Namun, mayoristas pengunjung yang datang ke sini hanya mengincar tiga boneka maskot Asian Games, yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Menjelang Asian Games berakhir, suvenir boneka ini mulai susah didapat karena selalu ludes terjual.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Asian Fest GBK dibuka mulai jam 10.00 hingga 22.00 WIB.