Sore itu (11/3) saya mengunjungi Lapangan Sepak Bola ABC untuk sekadar jogging. Lapangan ini merupakan salah satu venue Asian Games 2018 dan telah memenuhi standard kualitas Federation International Football Association (FIFA). Usai diresmikan pada Desember 2017 lalu, Lapangan Sepak Bola ABC sudah dibuka kembali untuk umum.

Untuk masuk ke area lapangan sepak bola tidak dikenai biaya masuk, pengunjung hanya perlu membayar parkir bila membawa kendaraan bermotor.  Pada bagian depan, area sekitar lapangan sepak bola tampak tertata rapi dan bersih. Tersedia pula jalur khusus pejalan kaki untuk menuju lapangan sepak bola dengan pepohonan rimbun di setiap pinggirnya.

Sesuai dengan namanya, Lapangan Sepak Bola ABC terdiri dari 3 lapangan, yakni lapangan A dan B yang menggunakan rumput alami. Kemudian lapangan C yang menggunakan rumput sintetis. Kondisi lapangan ketiganya amat bagus, rumputnya tampak terawat dan rata.

Pemandangan Lapangan B dari sisi kiri tribun (Foto: www.lastboytahara.com)
Lapangan Sepak Bola ABC Senayan
Pemandangan Lapangan B dari sisi tengah tribun (Foto: www.lastboytahara.com)
Pemandangan Lapangan B dari sisi kanan tribun (Foto: www.lastboytahara.com)

Dari segi kualitas rumput, lapangan B memiliki rumput yang lebih bagus. Lapangan ini menggunakan rumput alami jenis Zoysia Matrella, jenis rumput yang sama dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Rumput Zoysia Matrella juga direkomendasikan FIFA karena memiliki elistisitas yang sangat baik, sehingga bola dapat menggelinding tanpa mengurangi kecepatannya.

Sedangkan dari segi fasilitas, lapangan ini dilengkapi dengan loker, shower, penerangan lapangan yang baik, tribun yang memadai, keran air minum gratis, dan toilet. Hal yang patut diapresiasi adalah tersedianya fasilitas toilet khusus difabel, karena tak banyak tempat olahraga yang menyediakan fasilitas khusus difabel.

Lapangan C dengan rumput sintetis (Foto: www.lastboytahara.com)

Bagi Anda yang ingin bermain di Lapangan Sepak Bola ABC, lapangan dibuka dari jam 8 pagi hingga 10 malam. Sedangkan untuk harga sewa lapangan berada di kisaran Rp 2.000.000 hingga Rp 3.800.000 untuk durasi 2 jam bermain. Harga sewa lapangan berbeda-beda berdasarkan jam main, semakin sore harga sewa akan semakin mahal.

Semoga dengan renovasi lapangan yang semakin bagus, bisa menelurkan atlet-atlet sepak bola profesional yang handal. Dan tentunya, menumbuhkan semangat muda-mudi bangsa untuk memajukan sepak bola nasional. Maju terus sepak bola Indonesia!

Panduan peta menuju Lapangan Sepak Bola ABC klik di sini.

2 thoughts on “Melihat Pesona Lapangan Sepak Bola ABC Senayan, Venue Asian Games 2018

  1. Harganya sewanya mahal juga ya, kirain gratis…
    Btw itu keran air minum yang di maksud,praktis gtu tinggal minum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *