Pada Februari lalu saya mengambil hari libur untuk camping di Ranca Upas, Bandung. Belum hilang ingatan camping bulan lalu, satu bulan berikutnya saya kembali untuk pergi camping bersama rekan kerja. Kali ini lokasi camping yang saya tuju adalah Camp Bravo Cidahu di Sukabumi yang dikenal dengan keindahan hamparan sawah dan area tenda yang dekat sungai. Selain itu Camp Bravo juga dekat dengan wisata air terjun yang terletak di sisi selatan Gunung Salak.

Perjalanan menuju Cidahu dimulai dari Jakarta selama 3 jam dengan menggunakan mobil. Aksesnya sangat mudah, hanya macet di daerah Bogor yang membuat waktu tempuh menjadi lama. Sesampainya di Cidahu, kami memarkir mobil di sebelah Masjid Ar Raihan. Parkiran di sana cukup bersih karena dikelola dan dirawat oleh warga.

Dari parkiran mobil kami harus berjalan kaki menuju lokasi camping dengan menyusuri perkampungan. Makin ke dalam suasana alam kian terasa dengan panorama lereng bukit dan pepohonan. Kami juga sempat menyeberangi sungai kecil dengan jembatan yang dibuat dari batang bambu.

Jembatan yang terbuat dari batang bambu menuju Camp Bravo Cidahu. (Foto: www.lastboytahara.com)

Setelah berjalan kaki selama 15 menit, kami kemudian melewati hamparan sawah yang berwarna kuning keemasan. Dari kejauhan, gerbang pintu masuk menuju lokasi Camp Bravo akhirnya kelihatan. Butuh perjuangan ternyata untuk mencapai lokasi camping, nafas saya sampai ngos-ngosan bukan main. Mungkin akibat lelah selama perjalanan di mobil dan tak biasa jalan kaki menyusuri alam. Jalan setapak di sini kadang juga naik turun dengan permukaan yang tidak rata.

Pemandangan hamparan sawah sebelum memasuki gerbang Camp Bravo Cidahu. (Foto: www.lastboytahara.com)

Di gerbang pintu masuk area camping, saya istirahat dulu sebentar sambil memandangi sawah. Semilir angin di sana amat segar, hingga peluh keringat pun terhapus seketika. Setelah energi terkumpul saya meneruskan untuk masuk ke lokasi camping. Di sana saya melewati area pemancingan dan kolam untuk outbond. Ada juga area kosong yang cukup luas untuk arena bermain atau mendirikan tenda.

Lokasi camping yang kami tuju berada di bagian bawah, dekat dengan sungai kecil. Untuk menuju ke sana disediakan tangga yang terbuat dari batu-batu sungai yang disusun rapi. Dari atas tangga saya dapat melihat belasan tenda berwarna merah-hitam. Sesampainya di sana saya langsung melepas sandal dan selonjoran menikmati rindangnya pepohonan. Dengan suasana alam yang masih asri, udara di sini terasa amat menyegarkan.

Suasana Camp Bravo Cidahu
Deretan tenda di Camp Bravo, Cidahu. Semuanya sudah lengkap dengan perlengkapan tidur. (Foto: www.lastboytahara.com)
Di belakang area camping terdapat sungai kecil. Suara gemericik airnya bikin rileks. (Foto: www.lastboytahara.com)

Setelah puas istirahat saatnya untuk merapikan barang-barang dan masuk tenda. Persiapan camping di sini ternyata tidak begitu ribet, sebab semuanya sudah dipersiapkan oleh pengelola. Di dalam tenda misalnya, pengunjung sudah disediakan matras, bantal, dan selimut. Kemudian ada air minum gratis lengkap dengan dispenser dan aneka minuman sachet. Untuk makan pun tidak perlu repot, di dekat lokasi camping ada warung yang menyediakan makanan berat seperti nasi ayam, aneka mie instant, dan nasi goreng.

Semacam cafe mini dari kayu di Camp Bravo Cidahu. Disediakan air minum gratis dan aneka minuman sachet. Lantai 2 biasanya digunakan untuk ibadah. (Foto: www.lastboytahara.com)

Selagi asyik di depan tenda, saya dan rekan-rekan yang lain baru sadar bahwa yang menempati lokasi camping hanya rombongan kami saja. Suasananya benar-benar sepi! Maklum, kami datang saat hari biasa, bukan akhir pekan. Kalau begini, rasanya seperti camping di tanah pribadi saja. Bayangkan, dengan luas tanah yang bisa menampung belasan tenda hanya 2 tenda saja yang terpakai.

Dengan kondisi yang benar-benar sepi, malam harinya kami leluasa untuk bernyanyi menggunakan gitar tanpa khawatir mengganggu yang lain. Setelahnya kami ngobrol ngalor-ngidul, mulai dari perihal kerjaan (liburan masih ae ngomong kerjaan), kopi, tren medsos, dan pengalaman kocak.

Menjelang pukul 1 pagi, percakapan malam itu kami sudahi sambil memandangi bintang-bintang di angkasa. Serius, bintangnya banyak sekali saat itu. Di alam bebas cahaya bintang dapat terlihat lebih jelas dan terang. Beda dengan langit di kota, cahayanya terlalu terang karena lampu dari gedung-gedung tinggi dan perumahan. Setelah tak kuat menahan kantuk, kami lalu menuju tenda masing-masing untuk tidur. Sambil ditemani bunyi gemericik air dari sungai.

Keesokan paginya, kami menuju sungai kecil di belakang area camping. Di tengah-tengah sungai terdapat batu-batu besar. Saya kemudian memilih batu paling besar dan duduk santai sambil memandangi aliran sungai. Airnya amat bening hingga tampak berikilau ketika diterpa sinar matahari pagi. Sementara itu, dua rekan saya justru sibuk menyusun batu-batu kecil di sungai ala gravity glue. Puas bermain di sungai,  mereka akhirnya memilih untuk sekalian mandi di sana.

Sungai kecil di belakang area Camp Bravo Cidahu. Airnya amat bening dan menyegarkan (Foto: www.lastboytahara.com)
Gravity glue yang telah disusun. Tampak biasa dan tidak melengkung seperti pada umumnya. Maklum, sekadar iseng. (Foto: www.lastboytahara.com)

Usai membersihkan badan dan tampil segar, kami kemudian bersiap untuk menuju wisata air terjun di sisi selatan Gunung Salak. Lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi camping.