Mi Gomak goreng dengan potongan daging ayam dan baso (Foto: Lastboy Tahara S)

Mi Gomak merupakan mi khas Batak hampir tersaji di seluruh provinsi Sumatera Utara. Makanan ini sekilas mirip dengan spaghetti bila sudah masak, namun diameternya sedikit lebih besar. Mi Gomak memiliki tekstur kenyal, lembut, dan berwarna kuning. Masyakarat batak biasanya menyajikannya dengan direbus atau digoreng. Satu hal yang menjadi pembeda Mi Gomak dengan menu mi lain adalah menggunakan bumbu khas batak, andaliman.

Namun kini bila ingin menikmati Mi Gomak, kita tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara, sebab Mi Gomak sudah dapat dinikmati di berbagai rumah makan khas batak yang tersebar di berbagai daerah. Di Jakarta misalnya, karena banyak etnis batak yang sudah menetap, kita dapat dengan mudah menemukan Mi Gomak di rumah makan khas Batak. Pasar Senen adalah salah satu lokasi yang terkenal dengan kuliner khas Batak.

Di Pasar Senen kita juga dapat membeli Mi Gomak yang masih mentah atau berbentuk lidi, supaya dapat diolah sendiri di rumah. Supaya terasa otentik, kita juga dapat sekalian membeli bumbu andaliman di Pasar Senen. Sedangkan untuk bumbu dasar Mi Gomak terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, merica, dan lengkuas.

Cara memasak Mi Gomak sangat mudah, cukup rebus Mi Gomak hingga kenyal dan tiriskan. Kemudian campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, setelah itu tumis hingga berwarna kecoklatan. Bila ingin menggunakan kuah, campurkan santan sambil diaduk. Setelahnya bisa ditambahkan dengan menu lain sesuai selera, misalnya sayur, daging, udang, dan yang lainnya.

Dari segi rasa, Mi Gomak memiliki rasa yang dominan pedas dan gurih karena kaya akan rempah. Campuran bumbu andaliman juga menimbulkan sensasi getir di lidah. Mi Gomak akan terasa lebih segar bila disajikan dengan cara direbus, kuah yang kaya akan bumbu akan menambah selera makan. Mi Gomak juga pas ditemani dengan sepotong bakwan dan kerupuk.

Bila ingin menikmati Mi Gomak tanpa repot, Anda bisa membelinya di rumah makan khas Batak. Harga satu porsi Mi Gomak beragam, di Jakarta misalnya, harga satu porsi Mi Gomak berkisar Rp 18.000 – Rp 25.000.  Harganya akan semakin mahal bila topping yang disajikan semakin banyak, seperti ekstra daging, bakso, udang, dan yang lainnya.