Kemarin saya tidak sengaja mendengarkan lagu-lagu lama dari Ari Lasso di youtube, karena pada saat itu saya sedang mendengarkan playlist lagu Indonesia tahun 2000an dan youtube secara otomatis akan memutarkan lagu-lagu dengan tahun rilis yang berdekatan. Salah satu lagu Ari Lasso yang menjadi favorit saya berjudul Hampa, lagu yang sempat hits tahun 2003.

Saya tidak ingat persis sejak kapan mulai menyukai lagu-lagu Ari Lasso, mungkin ketika saya masih SMP. Saat itu saya suka sekali mengumpulkan file-file mp3 dari teman-teman sebaya, dan menampungnya di PC jadul saya yang masih menggunakan sistem operasi windows 98, meski pada saat itu (2008) sudah trend dengan windows XP. Dulu sedang hangat-hangatnya trend mp3 player berbentuk USB, dan saya sangat suka sekali mengkoleksi lagu-lagu. Saya rasa, mulai dari situlah saya banyak mengenal lagu-lagu Ari Lasso.

Format digital mp3 yang bisa ditransfer kapan pun melalui PC dan mp3 player yang mudah dibawa kemana saja pada saat itu, membuat masyarakat semakin mudah dalam mendengarkan berbagai macam lagu. Bahkan kini dengan teknologi cloud storage dan layanan streaming, semua lagu dari berbagai belahan dunia bisa diakses begitu mudahnya melalui smartphone.

Hari ini saya mencoba menyanyikan lagu Hampa dari Ari Lasso dengan menggunakan gitar akustik. Terlepas bagus atau tidak, saya hanya ingin menikmati lagu Ari Lassso dengan tidak sekedar mendengarkan, tapi membawakannya secara langsung sambil meresapi lirik-liriknya.