Hallo ! Kali ini saya tidak menulis tempat wisata terbaru yang saya kunjungi, maklum saya sudah tidak berpergian lagi karena masih menunggu waktu yang tepat dan uang yang cukup..hahaha. Oke, disini saya menulis tiga tempat wisata favorit yang pernah saya kunjungi. Saya hanya menuliskannya secara singkat, kalau kamu tertarik untuk membaca lebih lanjut klik saja link yang sudah tersedia. Tempat wisata yang saya tulis kali ini adalah Pantai Pandawa, Bukit Sikunir, dan KWLPH Balikpapan.

  1. Pantai Pandawa

Ini adalah tempat wisata favorit saya yang nomor satu, Pantai Pandawa di daerah Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Hal mengagumkan dalam perjalanan kali ini adalah adanya tebing-tebing tinggi yang mengapit jalan, penampilannya seperti tebing kapur yang sengaja dibelah. Setelah itu ada juga patung pewayangan Pandawa Lima berukuran raksasa dan berwarna putih yang disimpan di dalam tebing-tebing tersebut. Kelima patung tersebut berdiri gagah seakan-akan mengawal perjalanan saya menuju pantai. (Sayang saya belum sempat memotretnya karena bis terus melaju)

Keindahan Pantai Pandawa adalah pantai tersebut dikelilingi oleh tebing-tebing hijau yang indah dan lautnya yang biru. Untuk pasir pantainya juga tak kalah indah, berpasir putih hingga bibir pantai. Di sana juga disediakan kursi pantai untuk duduk santai sambil menikmati hembusan angin pantai dan mendengarkan suara deburan ombak.
  1. Bukit Sikunir

Setelah puas dengan pantai, saya juga pernah menikmati wisata di perbukitan. Kali ini tempat yang saya kunjungi adalah Bukit Sikunir di Dieng. Tempat ini memang sangat terkenal untuk melihat sunrise.

 

Senang rasanya bisa menikmati momen matahari terbit, langit pagi buta yang awalnya gelap berubah warna menjadi merah jingga. Hal menakjubkan di sini adalah kita bisa melihat matahari terbit yang perlahan mengintip dari balik bukit dan langit membentuk garis merah jingga dengan bola matahari pagi yang sangat indah.

  1. KWLPH Balikpapan

Kota berikutnya yang saya kunjungi adalah Balikpapan, dimana kota ini sangat terkenal akan konservasi beruang madu yang merupakan salah satu satwa yang dilindungi di dunia.

Dalam perjalanan ini saya berhasil mengunjungi KWLPH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) Balikpapan di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda. Di sana saya bisa menyaksikan beruang madu secara langsung yang dilepas di enclosure. Tempatnya sangat luas dan banyak pohon, sehingga sangat mirip dengan hutan asli.