Timnas U-19 Jepang membungkuk setengah badan ke arah tribun penonton.
Timnas U-19 Jepang membungkuk setengah badan ke arah tribun penonton. (Foto: www.lastboytahara.com)

Ada kejadian menarik usai pertandingan perempat final Piala Asia U-19. Saat itu Timnas U-19 Indonesia dibungkam Jepang dengan skor 0-2. Begitu pertandingan dinyatakan selesai, para suporter Indonesia ternyata tidak langsung bergegas keluar tribun. Mereka masih mengamati para pemain Timnas U-19 Jepang yang keliling lapangan dan bertepuk tangan sebagai tanda terima kasih. Setelah berjalan sebentar, tiba-tiba mereka berhenti menghadap tribun penonton dan membungkuk setengah badan.

Di Jepang sikap tersebut dilakukan untuk memberikan salam hormat pada seseorang. Mengerti akan maksud mereka, aksi tersebut kemudian mendapat apresiasi dari suporter Indonesia. Setiap kali mereka berhenti di sisi lapangan dan membungkukkan badan, para suporter bersorak-sorai sambil bertepuk tangan. Timnas U-19 Jepang dan suporter Indonesia tampak saling memberikan apresiasi dengan cara masing-masing.

Bentuk suportivitas seperti ini semoga bisa menjadi contoh untuk pertandingan lainnya di Indonesia, baik dalam skala lokal atau internasional. Apa pun hasilnya semua harus saling menghormati. Tak perlu kecewa terlalu dalam, apalagi menimbulkan kericuhan.

Untuk Timnas U-19 Indonesia tetap semangat! Meski gagal untuk lolos langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2019, masih ada kesempatan melalui babak kualifikasi. Terus berlatih dan pantang menyerah.

Bravo Sepak Bola Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *