Meski sudah banyak orang Indonesia bermain Pokemon Go dengan mengunduh file APK, saya sama sekali tidak tertarik untuk ikut-ikutan. Saya tetap sabar menunggu versi resmi Niantic di Google Play Store dengan alasan keamanan perangkat. Dan hari ini, setelah ditunggu-tunggu, akhirnya versi resmi Pokemon Go sudah bisa diunduh di Indonesia (6/8/2016).

Screenshot gim Pokemon Go di Google Play Store

Screenshot gim Pokemon Go di Google Play Store

Saat tulisan ini dibuat sudah ada 50 juta pengguna mengunduh game Pokemon Go di Google Play Store. Para pengguna asal Indonesia juga ramai memberikan tanggapan di akun Niantic. Mereka memuji hadirnya Pokemon Go di Indonesia dan tak jarang memberikan rating bintang lima pada game tersebut.

Selain Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Papua Nugini juga sudah bisa mengunduh versi resmi game Pokemon Go. Bagi Anda yang ingin mengunduh game Pokemon Go untuk perangkat Android langsung saja unduh melalui Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS bisa langsung melalui App Store. Game Pokemon Go ini bisa diunduh secara gratis.

Pokemon Go adalah game smartphone berbasis AR (Augmented Reality) yang dikembangkan oleh Niantic dan bekerjasama dengan Nintendo. Sesuai dengan namanya, game ini merupakan adaptasi dari permainan video dan anime terkenal, Pokemon. Dengan menggunakan smartphone para pemain dapat menangkap pokemon di dunia nyata.

Pemain harus menggunakan kamera smartphone untuk melihat pokemon dalam bentuk 3D, dan GPS untuk mencari posisi pokemon berada. Bila ingin mendapatkan pokemon yang beragam, tentu saja pemain harus keluar rumah menjelajahi peta. Cara kerja game yang mengharuskan pemain keluar rumah dan bertemu banyak orang, dipuji oleh banyak kalangan. Karena Pokemon Go menghilangkan stereotip gamer yang jarang bersosialisasi di dunia nyata.

Anda tertarik untuk mencoba? Gotta Catch ‘Em All!