Pada hari rabu (15/4/2015) War War atau Warung Warner kembali tayang live streaming di Kompas.com pada pukul 19.00 WIB. Kali ini bintang tamu yang hadir adalah grup band Kotak, namun sayang yang hadir hanya Tantri dan Cella karena Chua sedang cuti. Untuk pembaca yang belum melihat tayangan War War bisa cek di youtube karena mereka selalu upload videonya di sana.

Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat menghadiri syutting langsung episode 3 War War di kantor label rekaman Warner Music Indonesia, dengan bintang tamu yang hadir adalah Shae dan Indah Nevertari. Di akhir acara War War tersebut, saya berkesempatan untuk berbincang dengan Bapak Totok, Managing Director Warner Music Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Warung Warner merupakan inisiatif dari Warner Music Indonesia untuk membuat terobosan-terobosan dalam mempromosikan artis-artis mereka. Peningkatan pengguna media online di Indonesia dan perangkat mobile menjadi inspirasi untuk melakukan kerjasama dengan kompascom untuk menampilkan Warung Warner secara live streaming di Kompas.com setiap dua minggu sekali.  Artis yang didatangkan bisa sekitar dua atau tiga artis, dan di akhir acara akan ditutup dengan jamming.

Warung Warner hadir secara tematik setiap episodenya, misalnya saja untuk episode pertama adalah artis-artis yang tenar dari ajang pencarian bakat, episode kedua mengangkat artis reggae yang terkenal dari youtube, dan begitu seterusnya dengan tema yang berbeda-beda. Di episode perdana, Warung Warner mengundang Joshua Ledet, Juara III American Idol 2012. Dan kedepannya Pak Totok juga menambahkan tidak menutup kemungkinan mereka bisa mengundang artis luar negeri yang potensial untuk datang ke Indonesia seperti Christina Perry, Adam Lambert, Michael Buble, Coldplay, dan David guetta.

Pada program War War ada juga sesuatu yang fresh, yaitu membacakan beberapa berita dari Kompas.com oleh host dan bisa ditanggapi oleh artis yang hadir di acara itu. Konsep ini saya rasa bagus, karena sajian bincang-bincang yang disertai musik pasti juga digandrungi oleh anak muda, dengan penambahan segmen membaca berita dapat mengubah cara pandang bahwa sajian untuk anak muda bukan hanya soal musik dan hiburan, tapi ada juga informasi terkini dari dalam negeri.

Untuk segi inovasi hiburan Warner Music Indonesia juga memiliki rencana untuk mengundang bintang tamu selain musisi di War War, misalnya saja mengundang chef ternama untuk tampil di studio mereka. Ide itu muncul karena perusahaan ingin menciptakan citra bahwa Warner Music Indonesia bukan sekedar perusahaan musik, mereka ingin tampil sebagai perusahaan yang mampu menyajikan segala hal tentang entertainment.

“Kita itu bukan hanya music company , tapi kita creative company, dan kita memperlihatkan tidak di musik saja. Kita lihatkan semua hal tentang entertainment” Ujar Pak Totok bersemangat.

Saya rasa bila acara ini semakin tinggi peminatnya maka akan menjadi warna baru reality show di Indonesia. Sajian bincang-bincang yang disertai musik yang energik tentu akan digandrungi oleh anak muda dan hadirnya konsep dengan menyisipkan membaca berita oleh artis dapat mengubah cara pandang bahwa sajian untuk anak muda bukan hanya soal musik dan hiburan, tapi juga ada sajian yang informatif.