Akhir pekan ini Anda berencana jalan-jalan ke Bandung? Jangan lupa untuk mencicipi ketan bakar, camilan tradisional lezat khas Bandung.

Sesuai dengan namanya, camilan ini berbahan dasar ketan kukus yang dibakar setengah matang. Saat disajikan, ketan bakar diberi taburan serundeng dan saus oncom di dalamnya.

Potongan ketan yang siap dibakar (Foto: www.lastboytahara.com)

Taburan serundeng yang terbuat dari kelapa, membuat camilan ini terasa manis dan gurih. Namun yang membuat rasanya lebih khas adalah rasa kacang tanah yang gurih dan sedikit asam dari saus oncom.

Ketan bakar dengan taburan serundeng dan saus oncom di dalamnya (Foto: www.lastboytahara.com)

Oncom adalah makanan yang dihasilkan dari proses peragian. Mirip seperti tempe tapi menggunakan bahan baku dan jenis ragi yang berbeda.

Meski makanan ini bisa ditemukan di berbagai daerah, oncom juga dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat. Misalnya seperti oncom di Bandung yang rasanya dinilai lebih enak daripada olahan oncom daerah lain.

Ini karena masyarakat Bandung mengolah oncom dari bahan dasar kacang tanah. Hasilnya oncom dari Bandung memiliki aroma dan rasa kacang tanah yang dominan. Berbeda dengan daerah lain yang biasanya membuat oncom dari ampas kelapa.

Selain lezat karena saus oncom yang khas, sensasi menikmati ketan bakar ini juga ada pada teksturnya. Meski pada bagian luar permukaan ketan bakar terlihat garing sehabis dibakar, ketika dikunyah akan terasa sedikit lembek dan lengket. Sensasi ini hanya bisa didapat ketika ketan bakar disajikan selagi hangat.

Bila ingin menikmati ketan bakar khas Bandung ini, Anda bisa membelinya di warung kopi, pusat kuliner, atau tempat wisata. Misalnya di kawasan wisata Lembang, Bandung, camilan ini paling mudah ditemui di sepanjang jalan.

Cuaca Lembang yang dingin membuat masyarakat setempat dan wisatawan suka menikmati ketan bakar untuk menghangatkan tubuh. Biasanya mereka menyajikannya sebagai menu sarapan atau sekadar camilan di malam hari.

Supaya lebih lezat, ketan bakar juga bisa disantap sambil ditemani segelas minuman tradisional khas Bandung seperti bandrek atau bajigur panas. Dijamin, tubuh Anda akan senantiasa hangat dan segar. Dengan fisik yang kuat, aktivitas jalan-jalan di Bandung pun terasa menyenangkan.

4 thoughts on “Lezatnya Ketan Bakar Khas Bandung dengan Saus Oncom

  1. ketan bakar sebenernya aku kurang doyan.tp pas ngeliat di kasih serundeng dan oncom ini, kok kliatan enaaak yaaaa :D. soalnya serundeng gurih2 gini aku suka.. malah kdg utk temen makan nasi :D. jd kebayang sih bakal cocok jd temen ketan bakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *